Kamis, 09 Februari 2012

Contoh RTL KML Siaga

RTL/Planning Action Golongan Siaga


Kata Pengantar

Kursus pembina pramuka mahir tingkat  lanjutan golongan siaga adalah jenjang pendidikan tertinggi bagi pembina pramuka golongan siaga dengan maksud memberi bekal pengetahuan lanjutan dan pengalaman praktis dalam membina pramuka di gugus depan/ perindukan masing-masing.
Mengingat dinamika kepramukaan harus terus berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka pelatihan kursus pembina pramuka mahir tingkat lanjutan golongan siaga harus terus berkembang dan berubah,  dan Kwarda Jawa Barat  telah meyelenggarakan perubahan yang meliputi:
·         Perubahan kurikulum
Mengurangi porsi ceramah/pemaparan dan memperbanyak demontrasi, simulasi, praktek langsung dan meningkatkan kreativitas (brain stroming/ide-ide baru) dengan formula pelatihan 10 % pembukaan dan penutupan, 20% ceramah dan 70% praktek atau simulasi.
·         Perubahan muatan kursus
Mengurangi jam teori dan menambah jam praktek, memperluas wawasan dan pengetahuan dan mendidik peserta di alam terbuka dengam maksud tidak akan kehabihan ide kreatif dalam membina di perindukan.
·         Perubahan komitmen pasca KML
Pembina yang aktif di gugus depan/ perindukan setelah selesai KML diharuskan melakukan pengabdian terukur dengan sebutan NARAKARYA II yaitu bisa menyiapkan atau meluluskan 1 orang pramuka garuda dengan 10 TKK, 3 orang siaga tata dengan 5 TKK, 5 orang siaga bantu dengan 3 TKK dan 7 siaga mula.
Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang secara langsung atau tidak langsung membantu sehingga penulis dapat kesempatan menimba ilmu  KML Golongan Siaga di Kwarda Jawa Barat dan mampu menyelesaikan, dan penulis mengucapkan terima kasih kepada:
  1. Kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmatnya kepada penulis sehingga bisa mengikuti pelatihan KML di Kwarda Jawa Barat.
  2. Istri dan anak kembarku yang rela mengijinkan kepala keluarganya meninggalkannya selam 7 hari untuk menimba ilmu KML di Kwarda jawa Barat.
  3. Kementrian Pemuda dan Olahraga yang memberikan biaya untuk melaksanakan pelatihan KML di Kwarda Jawa Barat.
  4. Kwartir Daerah Jawa Barat yang memfasilitasi pelatihan KML Golongan Siaga yang dibiayai oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga.
  5. Kwartir Cabang Kota Sukabumi yang telah memilih sebagai salah satu peserta KML Golongan Siaga di Kwarda Jawa Barat.
  6. Bunda Tuti Esyati, S.Pd, MM sebagai kakak BINAWASA Kwarcab Kota Sukabumi yang selalu mendukung dan memberi motivasi kepada penulis.
  7. Seluruh jajaran administrasi Kwarcab yang selalu mengawal berbagai kegiatan dan memberikan dukungan moral dan administrasi pada penulis.
  8. Kwartir Ranting Citamiang yang mengizinkan penulis bisa berangkat ke Buper Kiara Payung Jati Nangor Sumedang mengikuti KML.
  9. Mabigus SDN lamping 3 Kecamatan Citamiang yang telah memberi izin melaksanakan kegiatan pelatihan KML Golongan Siaga dan meninggalkan tugas mengajar selam enam hari.
  10. Pembina Gugus Depan 09.18.0375-0376 SDN Lamping 3, Kakak Atmaja, S.Pd, Msi yang memberikan motivasi untuk terus berjuang dalam gerakan pramuka.
Memilki ilmu kepramukaan adalah cita-cita semua pembina tetapi yang terpenting adalah aplikasi dilapangannya, sering pembina atau orang dewasa dalam gerakan pramuka mengejar pendidikan yang tertinggi dalam gerakan pramuka hanya untuk formalitas saja atau mengejar jabatan tertentu tetapi tidak pernah mau menyentuh dalam membina siswa didik dan hal itu adalah sia-sia saja sebab tujuan gerakan pramuka dalam membentuk karakter siswa didik tidak akan tercapai dan untuk itu semoga ilmu yang telah didapat dalam pelatihan KML dapat penulis abdikan pada bangsa dan Negara khususnya di gerakan pramuka Kota Sukabumi dan semoga Rencana Tindak Lanjut ini menjadi awal pengabdian penulis dalam gerakan pramuka yang baik dan benar sesuai dengan Undang Undang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar Gerakan Pramuka dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
Amin.


Sukabumi, 12 Desember 2011


Ade Sudarjat, S.Pd












1 komentar: